Wayan, Made, Nyoman dan Ketut

Saat berkunjung ke Bali, anda pasti sering mendengar nama-nama dari orang Bali yang begitu khas seperti Wayan, Made, Nyoman, Ketut, Komang dan sebagainya,
benar tidak ?
Nama tersebut tidak hanya sekedar panggilan, nama tersebut ada artinya dan memiliki makna yang sangat dalam.

Mari kita bahas satu persatu,

  • Mulai dari nama Wayan, Wayan berasal dari kata “wayahan” yang mempunyai arti paling matang (paling tua). Nama Wayan sendiri mempunyai sinonim “Putu” atau “Gede”
  • Nama Made, Made berasal dari kata “Madia” yang artinya tengah. Orang yang memiliki nama Made merupakan anak kedua. Nama Made juga memiliki sinonim “Kadek”
  • Nama Nyoman, Nyoman berasal dari kata “Uman” yang berarti “sisa” atau “akhir”. Orang yang memiliki nama Nyoman merupakan anak ketiga. Nama Nyoman juga memiliki sinomin “Komang”
  • Nama Ketut, Ketut berasal dari kata “Kitut” yang berarti sebuah pisang kecil di ujung terluar dari sesisir pisang. Orang yang memiliki nama Ketut merupakan anak keempat. Ketut tidak memiliki sinonim. Karena program KB yang dianjurkan pemerintah, semakin sedikit orang Bali yang bernama Ketut. Itu sebabnya ada kekhawatiran terkait hilangnya nama ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s